Hal yang Harus Dipahami Sebelum Menjadi Detektif Swasta

detektif swasta
detektif swasta

Menjadi seorang detektif swasta tidaklah mudah apalagi profesi ini masih asing di Indonesia meskipun sudah banyak yang berkecimpung di dunia ini hingga sekarang. Meskipun jarang terdengar, banyak yang membutuhkan jasa detektif swasta untuk menangani kasus-kasus pribadi mereka. Memang detektif swasta harus merahasiakan identitas mereka agar tidak ketahuan.

Banyak yang menganggap bahwa menjadi detektif ini keren karena menyelidiki banyak hal secara rahasia. Di beberapa negara detektif sudah menjadi profesi yang legal bahkan ada yang bekerja sama dengan kepolisian ataupun di bawah pemerintahan. Jika permintaan akan jasa detektif meningkat setiap tahunnya bisa saja profesi detektif akan mulai diminati.

Bagi yang ingin menjadi detektif tentu harus memahami dan mempelajari banyak hal yang tidak bisa dibilang mudah. Tugas-tugas detektif swasta memang terdengar mudah yaitu melakukan penyelidikan namun setelah turun ke lapangan dan menangani kasus yang sebenarnya pasti akan dibuat kewalahan apabila tidak memiliki dasar menjadi detektif yang sangat penting.

Pahami Hal ini Sebelum Menjadi Detektif Swasta

Setiap detektif tidak peduli tugasnya, jabatan, maupun profesinya, semuanya membutuhkan keahlian khusus sehingga tidak sembarangan orang dapat menjadi detektif. Setiap detektif harus mempelajari banyak hal dan melewati test khusus sehingga bisa menjadi detektif.

Tanpa kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan oleh seorang detektif maka tentu saja sulit untuk menjadi seorang detektif. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk menjadi detektif maka tidak ada salahnya untuk

memperhatikan dan memahami hal-hal berikut ini terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan menjadi seorang detektif.

  1. Mengingat

Keahlian ini sangatlah penting bagi seorang detektif swasta bahkan menjadi dasar utama yang harus dimiliki. Mulailah mengingat dari hal-hal kecil di sekitar terlebih dahulu misalnya warna. Ingatlah hanya dalam 2 detik setelah melihat sekilas. Apabila sudah bisa mengingat dengan cepat dan benar, maka bisa dilanjutkan dengan mengingat objek-objek berupa benda ataupun kata-kata.

Apabila sudah bisa menguasai keahlian ini, mulailah ini mengingat hal-hal yang cukup sulit misalnya seperti objek yang bergerak contohnya seperti wajah orang yang berjalan atau berlari, karakteristik tubuh seseorang misalnya perkiraan tinggi, berat badan, warna rambut, model rambut, pakaian, dan lainnya ataupun untuk menghafal plat nomor mobil yang melaju dengan cepat.

Apabila objek bergerak dengan cepat maka detektif tidak mungkin bisa segera mengeluarkan kamera untuk memotretnya sebagai bukti maka dari itu harus mengandalkan daya ingat agar tidak kehilangan barang bukti yang penting. Penglihatan yang baik juga diperlukan agar tidak salah melihat tulisan, huruf, atau angka yang tertera.

  1. Pengamatan

Pengamatan menjadi sebuah keahlian detektif yang akan membantu proses penyelidikan hingga menemukan penyelesaian. Hal ini dimaksudkan agar penyelidik bisa merasakan dan memahami apa yang dia lihat dan kemudian mengolahnya menjadi sebuah informasi yang penting mislanya seperti mengamati hal-hal di sekitar

dengan teliti karena sekecil apapun informasi yang didapatkan ternyata dapat bermanfaat dan dapat menemukan jawaban dari sebuah kasus.

  1. Bahasa asing

Seorang investigator swasta juga harus menguasai bahasa asing sebanyak mungkin terutama bahasa inggris. Meskipun jasa detektif swasta di Indonesia memang lebih banyak melayani klien dari Indonesia, namun terdapat juga klien dari negara asing yang menyewa jasa tersebut dengan tujuan tertentu.

Bisa saja target yang diselidiki juga berhubungan dengan negara di luar Indonesia. Dengan memahami bahasa asing akan dapat memudahkan komunikasi dan juga bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak misalnya dengan membaca dokumen, data-data dalam bahasa asing, dan lainnya. Tidak ada salahnya belajar bahasa asing sebanyak mungkin karena akan dibutuhkan di kemudian hari.

  1. Menyamar

Menyamar juga menjadi keahlian detektif swasta yang sangat penting. Penyamaran dibutuhkan pada kasus-kasus tertentu misalnya untuk menyelidiki target. Apabila langsung turun ke lapangan untuk melakukan penyelidikan maka bisa saja target curiga dan bisa saja ketahuan. Maka dari itu perlu dilakukan penyamaran agar identitas penyelidik tidak ketahuan dan proses penyelidikan tetap dapat berjalan lancar.

Penyamaran dilakukan untuk menciptakan kamuflase yang sempurna misalnya dengan mengubah penampilan seperti mengenakan rambut palsu, pakaian yang tidak terlalu mencolok, mengenakan kacamata, dan lainnya. Penyamaran yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi penyelidikan pada saat itu.

  1. KepercayaanSeorang detektif swasta yang langsung percaya opini seseorang itu merupakan hal yang sangat dilarang karena pendapat yang diberikan oleh orang lain bisa saja palsu dan tidak sesuai dengan fakta. Misalnya seseorang menuduh orang lain bahwa dialah pelakunya, tentu saja sebagai seorang penyelidik tidak boleh langsung percaya. Seorang detektif tidak boleh percaya kepada siapapun namun boleh menerima opini.

    Menelan pendapat langsung tanpa melakukan penyelidikan bisa saja terjadi penangkapan pelaku yang salah dan dianggap tidak profesional. Perlu diingat bahwa opini bukanlah sebuah fakta. Maka dari itu penyelidikan seperti mencari bukti sidik jari, mengobservasi objek-objek di sekitar, melihat bukti rekaman cctv, menyelidiki target, mengambil barang bukti untuk dijadikan sample, dan penyelidikan lainnya sangatlah diperlukan.

    1. Menjaga rahasia

    Profesi menjadi seorang detektif harus benar-benar dijaga dan dirahasiakan sehingga tidak boleh dipublikasikan dan diumbar ke siapapun. Memang di Indonesia, detektif swasta hanya menyelidiki kasus-kasus pribadi karena untuk kasus seperti kejahatan atau tindakan kriminal merupakan hak dari kepolisian RI dan lembaga lainnya yang memiliki wewenang.

    Namun identitas detektif swasta harus tetap dilindungi dan dirahasiakan meskipun hanya menyelidiki masalah pribadi misalnya seperti menggunakan nama palsu ketika diwawancara, menggunakan topeng, dan lainnya agar tidak diketahui orang banyak. Ketika melakukan penyelidikan juga sebisa mungkin agar tidak ketahuan sebagai bentuk dari profesionalitas.

    1. Kendaraan

    Sangat penting bagi detektif swasta untuk bisa mengendarai jenis kendaraan apa saja. Misalnya apabila target mengendarai motor dan masuk hingga ke gang-gang kecil maka bisa diikuti juga dengan menggunakan motor.

    Menggunakan mobil tentu tidak akan bisa masuk ke jalanan sempit ataupun bisa kehilangan jejak saat di jalanan karena motor lebih mudah untuk menyelip. Hal yang perlu diingat adalah tetap menaati peraturan lalu lintas karena menjadi seorang detektif bukan berati boleh bebas melanggar peraturan yang berlaku.

    Di Indonesia sebenarnya terdapat detektif swasta namun bukan menangani kasus-kasus tindakan kriminal melainkan masalah pribadi seperti perselingkuhan. Mengingat korban perselingkuhan yang sangat banyak di Indonesia sehingga permintaan penyelidikan perselingkuhan juga semakin meningkat. Salah satu jasa detektif swasta terbaik yang menangani kasus perselingkuhan yaitu Jack’s Angels.

    Jack’s Angels akan menyelidiki kasus perselingkuhan dengan memberikan butki berupa foto dan atau video yang diambil tanpa melakukan pelanggaran peraturan di Indonesia. Proses penyelidikan juga termasuk profesional dan akan menjaga rahasia klien. Jack’s Angels menjadi salah satu detektif swasta paling populer dan terbaik karena sudah sering diwawancara oleh acara TV di Indonesia bahkan diliput oleh berbagai media online.

Bagikan ke teman:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page