Detektif Swasta di Indonesia

 

detektif-swasta-di-indonesia

 

Detektif Swasta di Indonesia Makin Ramai Dikunjungi Nitizen

Profesi satu ini punya keunikan tersendiri. Dikenal dengan sebutan detektif swasta. Mendengar namanya, yang terbayang di kepala adalah sosok keren dalam film-film bergenre intelijen menampilkan agen-agen rahasia. Sebut saja James Bond, Charlie’s Angels, atau tokoh fiksi fenomenal Sherlock Holmes.

 

Tak perlu jauh-jauh. Di Indonesia sosok detektif swasta ini ternyata cukup eksis keberadaannya. Meski belum didapat angka pasti, jumlah detektif swasta saat ini diperkirakan mencapai ratusan orang. Bisa jadi malah seribuan. Mereka ada yang berjalan secara sendiri-sendiri, dan ada juga yang bergerak di bawah komando sebuah organisasi.

 

Organisasi yang menyediakan jasa detektif swasta di Indonesia sudah muncul di era tahun 1990-an. Jasa detektif swasta ini kini dapat dengan mudah ditemukan di internet. Mereka menunjukkan eksistensinya melalui website-website yang mereka bangun.

 

Namun, jasa detektif swasta ini bukan seperti agen rahasia yang beraksi mengungkap kasus-kasus kriminal umum. Jasa detektif swasta di Indonesia hanya melayani permintaan investigasi yang bersifat khusus dan hanya untuk kepentingan kliennya. Contohnya, mengungkap perselingkuhan, penelusuran rekam jejak (track record) seseorang, pencarian kendaraan hilang dan sejenisnya.

Organisasi yang menyediakan jasa detektif swasta umumnya menempatkan detektif atau agen yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Ini untuk memudahkan ketika melakukan proses investigasi. Jasa detektif swasta di Indonesia juga tak sembarang merekrut agen. Ada sejumlah persyaratan khusus yang harus dimiliki untuk menjadi seorang agen detektif swasta. Bukan tanpa alasan. Persyaratan itu diharuskan demi memudahkan dalam menyelesaikan sebuah kasus. Ini juga bertujuan untuk memuaskan klien. Karena semakin cepat kasus dapat terungkap, tingkat kepuasan klien pun akan semakin tinggi.

 

Minat dan ketertarikan orang untuk menjadi agen detektif swasta di Indonesia pun terbilang tinggi. Informasi dari salah satu penyedia jasa detektif swasta menyebutkan, hampir setiap hari ada saja pembaca websitenya yang mengajukan diri menjadi agen detektif. Setelah melalui serangkaian tanya jawab dan penggalian latar belakang, tidak serta merta mereka yang berminat langsung bisa diterima. Hampir setiap hari pula penyedia jasa detektif swasta ini menolak lamaran calon agen detektif karena kriteria yang diinginkan atau disyaratkan tidak terpenuhi.

 

Beberapa penyedia jasa detektif swasta cukup selektif dalam merekrut agen. Mereka memberlakukan persyaratan tertentu dan keahlian khusus yang wajib dimiliki untuk dapat menjadi agen. Satu saja tidak terpenuhi, jangan harap dapat bergabung.

 

Berikut adalah persyaratan standar menjadi agen detektif swasta. Antara lain:

Jenius (menguasai banyak hal dalam dunia detektif)

Profesi sebagai detektif swasta menuntut kejeniusan tersendiri. Tidak semua orang bisa menjalani profesi ini. Minat saja tidak cukup. Pengetahuan dan penguasaan tentang seluk beluk dunia detektif mutlak diperlukan. Mulai dari perencanaan, menentukan target sampai teknik pengumpulan data dan informasi harus benar-benar dijalani dengan sempurna.

Ahli menyamar menjadi apapun

Dalam menjalani misinya, seorang detektif swasta dituntut mampu bekerja ‘serapih” mungkin. Untuk mendapatkan bukti atau informasi dari target atau sasaran, kadang seorang detektif swasta melakukan penyamaran untuk menghindari kecurigaan target. Penyamaran juga dilakukan dengan menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar target agar tidak menarik perhatian orang lain.

Bisa mengendarai mobil dan motor

Persyaratan ini juga mutlak dimiliki seorang detektif swasta. Sangat mustahil ketika membuntuti target yang mengendarai motor dengan berjalan kaki atau membuntuti target yang masuk tol dengan mobilnya.

Daya ingat tajam

Seorang detektif memiliki daya ingat tajam untuk dapat menganalisa sebuah kasus dari detil-detil terkecil yang diperoleh dari pengintaian, pengamatan maupun pendengaran.

 

Cerdas

Detektif bekerja menyelidiki hal-hal yang masih tersembunyi. Diperlukan kecerdasan dalam berpikir saat menyelidiki sesuatu berdasarkan fakta, petunjuk dan juga hasil pengamatan untuk menyimpulkannya.

 

Cerdik

Saat menjalankan misinya detektif dituntut cepat mengerti tentang situasi dan pandai mencari pemecahannya, terutama di situasi-situasi yang sulit.

 

Jeli

Seorang detektif harus jeli dalam melihat dan mengamati target secara detil, meskipun jika dilihat sekilas tidak ada sesuatu yang penting.

 

Cermat

Berprofesi sebagai detektif swasta juga penuh risiko. Untuk itu diperlukan kecermatan saat menjalankan misinya. Detektif harus teliti dan behati-hati mengambil langkah dan tindakan untuk meminimalisir risiko yang ada.

 

Bertanggung jawab

Tugas dan misi yang sedang dijalani detektif swasta harus dapat diselesaikan tuntas. Kasus harus terungkap. Dengan berbagai cara, namun yang tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku di Indonesia. Pantang hukumnya detektif meninggalkan tugas atau melepas tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Dapat dipercaya

Seorang detektif swasta harus dapat bekerja dengan memperoleh data, mengumpulkan informasi dan mendapatkan bukti yang dapat dipercaya kebenarannya. Detektif swasta juga harus dapat menjaga kepercayaan baik dari organisasi/lembaga yang memberinya tugas maupun dari klien.

Adapun keahlian yang harus dimiliki seorang agen detektif antara lain:

Kemampuan interogasi

Seorang detektif swasta wajib memiliki kemampuan interogasi. Semakin tinggi kemampuan interogasi yang dimiliki seorang detektif, dia akan mudah mengorek fakta atau informasi yang berhubungan dengan targetnya.

 

Kemampuan negosiasi

Kemampuan negosiasi ini masih berkaitan dengan kemampuan menginterogasi. Kemampuan bernegosiasi sangat penting dalam menjalankan misi di lapangan. Seorang detektif swasta membutuhkan keberanian menembus kebekuan seseorang, menghadapi orang keras kepala dan sebagainya.

Pengetahuan umum

Seorang detektif harus memiliki pengetahuan umum yang memadai untuk menunjang cara kerjanya. Agen detektif swasta wajib tahu dan paham hal-hal yang bersifat umum di masyarakat luas.

Pengetahuan hukum

Agen detektif swasta akan sangat berhati-hati dalam bertindak. Seorang detektif swasta wajib memiliki pengetahuan hukum, paham tindakan mana yang melanggar hukum dan sebaiknya dihindari saat menjalankan tugasnya.

 

Memiliki teknik menyamar

Melakukan penyamaran kadang harus dilakukan seorang detektif swasta. Penyamaran bisa menjadi solusi apabila seorang agen detektif swasta ingin mendekati target. Karena seringkali target berada di tempat yang sangat privasi dan sulit dimasuki orang lain.

Penyamaran yang bisa dilakukan beraneka ragam. Misalnya menyamar sebagai pengantar makanan, kurir barang, pelayan kamar dan sebagainya menyesuaikan situasi dan kondisi pada saat investigasi dilakukan.

 

Mudah berbaur

Seorang agen detektif swasta harus terbiasa dengan berganti-ganti penampilan. Profesi sebagai detektif swasta mengharuskan untuk terbiasa berbaur agar tidak tampil mencolok. Meskipun saat itu dia tidak sedang bertugas.

Mudah berbaur ini erat kaitannya dengan teknik menyamar. Contoh kecil misalnya yang paling umum dilakukan seorang detektif swasta adalah menyamar menjadi wartawan dan berbaur dengan kerumunan wartawan. Teknik ini juga sering dilakukan oleh intel-intel dari kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN) maupun dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Penampilan pun layaknya wartawan pada umumnya. Membawa kamera, kartu pers dan rekaman. Cara ini dilakukan untuk menyamarkan identitas asli dan menghindari kecurigaan orang lain. Atau bisa saja karena sasaran atau targetnya secara kebetulan adalah orang yang sama yang sedang diburu wartawan.

 

Memiliki kemampuan melacak dengan baik

Salah satu yang dilakukan detektif swasta adalah mencari dan menjangkau target. Untuk itu diperlukan kemampuan melacak keberadaan target atau melacak informasi sedetil mungkin. Agen detektif swasta wajib memiliki keahlian mencari dan menemukan sesuatu atau infornasi yang masih tersembunyi. Kemampuan ini bermanfaat dalam membuntuti target tanpa menimbulkan kecurigaan dari target.

 

Fleksibel

Selain mudah berbaur, agen detektif swasta harus luwes dan fleksibel. Tidak kaku dan tidak berpenampilan mencolok dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan.

 

Dengan seabrek persyaratan dan keahlian yang dimiliki ini,  agen detektif swasta tak akan diragukan dalam menjalankan misinya. Klien yang ingin menggunakan jasa detektif swasta pun dapat dengan mudah bila ingin menggunakan layanan detektif swasta. Cukup menghubungi nomor telepon yang disediakan. Kemudian ceritakan kasus dan keinginannya, lantas melakukan kesepakatan biaya.

 

Jasa detektif swasta pun akan langsung bekerja selama order yang diberikan tidak melanggar hukum di Indonesia. Dalam menjalankan misinya, agen detektif swasta juga akan semaksimal mungkin menghindari

tindakan yang melanggar hukum. Contohnya ketika menjalankan misi mengungkap kasus perselingkuhan. Agen detektif swasta hanya akan bekerja dengan cara menguntit target untuk mendapatkan bukti perselingkuhan seperti foto atau video. Agen detektif swasta tidak melakukan cara-cara melawan hukum untuk mendapatkan bukti seperti menyadap target, memasuki rumah orang lain tanpa izin, atau sejenisnya.

 

Kasus perselingkuhan merupakan kasus yang paling sering ditangani agen detektif swasta. Berikutnya adalah urusan bisnis. Misalnya mencari informasi tentang pesaing bisnis atau menelusuri track record calon rekan bisnis. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menggunakan jasa detektif swasta untuk mencari bukti adanya tindak korupsi yang dilakukan pegawai kantor. Selain itu, ada juga layanan penelusuran aset-aset yang dimiliki suami namun disembunyikan dari istrinya.

 

Cara kerja penyedia jasa detektif swasta sebenarnya tidak rumit. Untuk tahapan awal tergantung kasus yang akan dijalani. Jika tujuannya untuk mencari bukti perselingkuhan yang dilakukan pasangannya, penyedia jasa detektif swasta umumnya akan langsung meminta informasi awal tentang kebiasaan targetnya.

 

Informasi awal itu juga untuk menentukan tarif. Sejauh ini, belum ada jasa detektif swasta yang mengnformasikan ke publik tentang tarif pastinya. Informasi awal dari calon klien diperlukan untuk memperhitungkan biaya operasional selama melakukan penyelidikan. Waktu untuk menyelesaikan kasus pun tidak tentu. Bisa satu hari, satu minggu bahkan satu bulan tergantung tingkat kerumitan kasusnya.

Setelah informasi awal didapat, penyedia jasa detektif swasta akan mengerahkan tim yang di antarnya adalah agen-agen detektif untuk mulai memantau targetnya. Untuk dapat mengetahui kemana saja targetnya pergi, agen detektif swasta kadang ada yang menggunakan alat pelacak GPS yang ditaruh di kendaraan targetnya.

 

Penyedia jasa detektif swasta umumnya memiliki tim untuk mendukung kerja mereka. Antara lain tim yang terjun ke lapangan, tim khusus information technology (IT), tim di beberapa wilayah kota/kabupaten di Indonesia dan informan di instansi penting hingga perbankan.

 

Selain melayani permintaan kasus-kasus seperti perselingkuhan, penelusuran pesaing bisnis, penelusurann latar belakang seseorang, pencarian barang atau orang hilang,  beberapa penyedia jasa detektif swasta akan menolak permintaan calon kliennya untuk misalnya meenghilangkan nyawa orang lain atau penagihan utang. Begitu pun jika hasil pencarian informasi suatu kasus atau hasil investigasi tersebut untuk tindakan kriminal oleh klien untuk hal-hal yang merugikan seperti penculikan, pemerasan, penghancuran karakter seseorang atau merugikan pihak-pihak tertentu atau semacamnya, maka penyedia jasa detektif swasta ini akan langsung menolak.

 

Di Indonesia, jasa detektif swasta sudah diakui keberadaannya oleh pemerintah,hanya saja meski diakui keberadaannya, sejauh ini belum ada lembaga atau institusi yang secara khusus diberi kewenangan untuk memberikan lisensi atau izin operasi untuk organisasi jasa detektif swasta. Berbeda halnya di luar negeri, detektif swasta mendapat lisensi dari kepolisian setempat. Di luar negeri seperti Belanda dan United Kingdom, profesi detektif swasta ini menjadi profesi yang prestisius dan populer serta cukup penting keberadaannya bagi penegakan hukum.

 

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan jasa penyelidikan swasta, bisa saja nantinya pemerintah Indonesia memberikan lisensi untuk penyedia jasa detektif swasta. Apalagi tidak semua kasus-kasus yang dilaporkan resmi ke penegak hukum dapat ditangani dan diselesaikan. Penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan umumnya hanya menangani perkara atau kasus dengan skala prioritas dan menyangkut kepentingan publik secara luas atau kasus yang mendapat perhatian masyarakat luas.

 

Sejauh ini, selama sepak terjang penyedia jasa detektif swasta tidak melanggar hukum dan aturan formal, pemerintah Indonesia tidak akan menghambat keberadaan jasa penyelidik swasta ini.

 

Keberadaan detektif swasta di Indonesia punya daya tarik tersendiri. Media massa silih berganti mengupas dan mengulik lebih dalam tentang detektif swasta di Indonesia. Beberapa tulisan hasil wawancara pers dengan agen detektif swasta juga sudah banyak dipublikasikan. Pun hasil liputan atau wawancara jurnalis televisi banyak yang disiarkan di televisi. Rata-rata mereka mengupas tentang cara kerja, jenis kasus yang dilayani sampai tarif menggunakan jasa detektif swasta.

Ini menandakan keberadaan detektif swasta di Indonesia sudah mendapat tempat tersendiri di sebagian kalangan masyarakat. Keberadaannya juga didukung dengan banyaknya permintaan penanganan kasus yang selama ini tidak bisa ditangani atau lambat ditangani penegak hukum di Indonesia. Sejauh ini pun belum pernah muncul imej miring atau pengalaman negatif dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa detektif swasta. Dari beberapa tayangan di televisi, malahan ada beberapa mantan pengguna jasa detektif swasta memutuskan akhirnya bergabung menjadi agen detektif setelah kasusnya selesai dengan memuaskan.

 

Detektif swasta di Indonesia merupakan salah satu pilihan dari beberapa orang karena dinilai dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah. Lain halnya jika memilih menyelesaikan masalah dengan aparat kepolisian atau kejaksaan yang dinilai malah menimbulkan masalah baru, misalnya karena kasus yang dianggap private, terekspos ke publik.

 

Hal ini bukan tanpa alasan karena dari beberapa keunggulan menggunakan jasa detektif swasta di Indonesia yaitu jasa detektif swasta ini menjadikan kliennya sebagai prioritas utama. Penyedia jasa detektif swasta biasanya akan menolak kasus baru jika kasus yang ada belum diselesaikan. Hal ini bertujuan agar penyelidikan terhadap kasus tersebut dilakukan dengan fokus sehingga dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan baik. Namun bagi penyedia jasa detektif yang memiliki agen banyak mungkin prinsip ini tidak berlaku

 

Keunggulan lainnya yaitu privasi lebih terjamin. Untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan hal-hal yang sensitif, menggunakan jasa detektif swasta menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan melalui jalur

hukum. Sebab salah satu etika umum yang dianut oleh agen detektif swasta adalah jaminan kerahasiaan terhadap data pribadi maupun hasil investigasi. Maka segera kunjungi detektif swasta di Indonesia untuk konsultaikan masalah anda, Terima kasih.

 

Bagikan ke teman: