7 Cara Menjadi Detektif Swasta – Jack’s Angels

cara menjadi detektif swasta

Cara Menjadi Detektif Yang Wajib Anda Tahu

Dalam cerita fiksi Sosok Sherlock Holmes dan Conan Edogawa adalah seorang detektif yang banyak dikenal orang. Ya, kedua tokoh ini adalah detektif fiktif yang selalu memecahkan kasus-kasus mustahil. Seperti selalu mengungkap pelaku pembunuhan dengan cepat, mencari pelaku penculikan dengan cara-cara yang tak masuk akal, bahkan memecahkan kasus-kasus lain, namun sehebat apapun mereka hanyalah tokoh detektif fiksi yang hidup di dalam buku yang di tulis rapi oleh pengarangnya. pada kenyataanya, realita tentang detektif di dunia nyata itu sangat jauh berbeda jauh dengan yang tertulis di dalam komik.

Dalam artikel ini yang akan kita bahas adalah cara menjadi detektif swasta di dunia nyata, jika selama ini yang di ceritakan dalam karangan fiksi adalah setiap kasus yang di kerjakan oleh private investigator atau penyelidik komersil selalu selesai dengan akurat, itu salah besar !

Karena tidak semua kasus di tangani oleh detektif swasta, contoh simpel adalah kasus teroris yang murni hanya di selidiki oleh intelijen pemerintah dalam suatu negara. Di Indonesia sendiri jasa investigasi swasta mulai marak sejak tahun 90-an.

Ketenaran seorang penyidik swasta pada tahun itu hanya di ketahui oleh segelintir orang yang pernah menyewa saja. Karena zaman itu belum adanya media sosial seperti Youtube, Facebook ataupun Instagram, di mana media sosial tersebut adalah alat pendongkrak bisnis dan kreatifitas paling ampuh.

Setiap detektif mempunyai keahlian khusus yang tidak semua orang menguasainya. Meskipun begitu, Sebenarnya semua skill/keahlian bisa di kuasai oleh semua orang, asalkan konsisten dan berusaha keras dalam mempelajarinya.

Keahlian Yang Harus Di Miliki Untuk Menjadi Detektif Swasta

 

1. Ahli Dalam Mengingat itu Hal Utama

Daya ingat yang super adalah menu utama jika kamu ingin menjadi detektif yang handal. Mulailah dari mengingat hal kecil yang sekilas kamu lihat dua detik yang lalu. sebagai calon detektif maka diwajibkan belajar dari mengingat yang paling mudah yaitu asah pengihatan mata kamu dengan mengingat warna disekitar.

Setelah bisa menguasai dengan cepat daya ingat warna dalam 2 detik setelah mata memandang dan menguasai daya ingat warna lalu tahap menjadi detektif berikutnya pelajari untuk mengingat objek berukuran sedang seperti sebuah kalimat atau huruf disekitarmu.

Nah jika daya ingat dalam menguasai objek berukuran sedang telah dimiliki, maka metode terakhir untuk mempertajam daya ingat seorang detektif adalah mengasah daya ingat untuk objek yang berjalan seperti muka orang dan benda gerak lain disekitar.

Gunanya daya ingat yang tajam bagi detektif pemula adalah ketika dilapangan dan situasi tidak memungkinkan, seperti objek yang sedang kamu selidiki tiba-tiba dia dengan cepat menaiki kendaraan dan kabur dari pandangan, nah disini tidak perlu membawa kamera poket ataupun kamera lain untuk memoto nomor kendaraan, karena tentunya semua informasi telah terekam di memori otak sang detektif.

2. Memiliki Observasi/Pengamatan yang tinggi

Pengamatan atau observasi adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang di butuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.

Dalam hal ini adalah mampu mengamati hal-hal di sekitar objek yang sedang di selidiki (tempat kejadian perkara), seorang detektif wajib mengamati dengan sangat teliti suatu objek didepannya, Karena sekecil apapun informasi sangat bermanfaat dalam mengungkap suatu jawaban dari kasus yang sedang di kerjakan.

Misalkan jika kamu ingin mencoba naluri detektif dalam menyelidiki pacar kamu yang selingkuh, kamu harus mengamati cara dia berpakaian, wangi parfum di tubuh dia, ataupun hal kecil lainnya seperti perubahan kebiasaan online dia di media sosial, semua itu tidak boleh di abaikan.

Jangan pernah bermimpi menjadi seorang detektif jika kamu malas melatih kemampuan mengamati.

3. Dilarang menelan Opini tanpa menelusuri

Sebagai seorang detektif percaya pada opini itu haram. Dimana kita semua tahu bahwa Opini adalah pendapat seseorang atau orang disekitar tentang objek yang belum bisa di ketahui keabsahannya. Dan sebagai detektif harus menjauhi opini, contoh paling mudah,

si A dan si B adalah karyawan teladan yang telah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan, lalu si C adalah pekerja baru yang ternyata memiliki krdibilitas tinggi dan pekerja yang memiliki banyak prestasi, sehingga atasannya sangat memperhatikan si C.

Nah, suatu hari ada sebuah benda yang hilang di dalam kantor tersebut, lalu si A dan si B serta bossnya melaporkan kejadian tersebut pada seorang detektif dan mereka menuduh bahwa si C adalah pencuri benda itu, mereka semua menuduh kuat dengan dalih bahwa benda yang hilang hanya berjarak 5 meter dari meja kerja si C.

Sebagai seorang detektif dalam menggapi laporan itu tentu saja tidak langsung memepercayai semua opini dari ketiga pelapor.

Hal pertama kali yang akan dilakukan adalah observasi/mengamati dengan teliti, mencari kebenaran sedetail mungkin, memperhatikan semua bekas sidik jari di setiap sudut dan mengambil sample sidik jari ke Laboratorium untuk di periksa dengan akurat.

Ketika penyelidikan telah selesai dan mendapatkan bukti yang valid, maka kesimpulan semua fakta yang telah di dapatkan oleh seorang boleh di jelaskan kepada korban atau pelapor. Sekali lagi perlu di ingat bahwa opini bukanlah sebuah fakta.

4. Mahir Dalam Penyamaran

Cara menjadi detektif swasta yang mutlak harus anda dalami adalah ahli menyamar. Penyamaran adalah hal yang sangat perlu di lakukan oleh detektif saat turun kelapangan. penyamaran di katakan perlu ketika kasus yang di temui adalah kasus yang sulit dan terjadi di tengah kerumunan. Semisal kamu menyelidiki salah satu anggota keluargamu yang di curigai sering keluar malam hingga pulang pagi, secara fakta jika turun langsung kelapangan untuk mengintai tentu saja wajah dan perawakan kamu sangat jelas di ketahui oleh target.

Penyamaran ibarat sebuah “jantung” dalam dunia detektif

Untuk menghindari kejadian itu maka setiap detektif akan meng-upgrade seluruh tampilan tubuhnya demi memenuhi kamuflase yang diciptakan. Berbagai jenis cara penyamaran/undercover di lakukan agar pemantauan sempurna.

Mulai dari memakai rambut palsu, kumis palsu hingga jenggot palsu jika ingin terlihat beda, Namun jika kamu adalah laki-laki dan targetnya perempuan, mau tidak mau harus berbusana seperti perempuan, buat semirip mungkin agar terlihat seperti wanita (bukan terlihat seperti banci).

Kamu bisa belajar penyamaran detektif dari film Big Momma’s House, dalam film itu Malcolm, agen FBI yang menyamar menjadi wanita paruh baya bertubuh gemuk untuk menangkap perampok yang akan mengunjungi mantan pacarnya.

5. Ahli Mengendarai Semua Jenis Kendaraan

Ketika objek yang di selidiki menggunakan mobil, maka detektif swasta akan memantaunya dengan mengendarai mobil pula. Jika kamu menggunakan motor dalam pemantauan, lalu bagaimana ketika objek tersebut masuk jalan tol? ini contoh pertama,

yang kedua ketika seorang detektif menemui kasus untuk mencari bukti perselingkuhan yang mana objeknya orang yang hobby bermain di pantai dan mengendarai Speed Boat (kapal motor berukuran kecil dan bertenaga mesin yang dirancang untuk bisa meluncur dengan sangat cepat di atas air),

ketika objek dengan pasangan selingkuhannya mengendarai Speed Boat maka tugas detektif adalah mengggunakan Speed Boad juga untuk mengambil gambar atau bukti lainnya. pada kasus seperti ini biasanya kasus perselingkuhan.

Maka mutlak seorang detektif handal harus bisa menguasai semua jenis kendaraan. kita tidak akan membahas jika targetnya mengendarai helicopter karena dalam dunia nyata terutama di Indonesia, detektif swasta tidak pernah menemukan target yang menggunakan pesawat pribadi. jadi kita bicara fakta saja ya.

6. Ahli Menjaga rahasia

Jika detektif di dunia fiksi sangat bangga di kenal bahkan memplokramirkan diri sebagai detektif terhebat. Maka impian itu harus di buang jauh-jauh jika ingin menjadi detektif di dunia nyata.

Karena profesi menjadi detektif swasta harus benar-benar ditutup rapat demi privasi detektif itu sendiri, bahkan keluarga kamu tidak boleh tahu jika kamu adalah detektif swasta.

Alasan merahasiakan pekerjaan sangat masuk akal, jika menyelidiki kasus perselingkuhan dan ternyata objeknya adalah tetangga sendiri ataupun saudara sendiri yang menyewa pada atasan detektif yang bekerja di dalamnya, Maka profesionalitas sebagai detektif swasta harus di jalankan yaitu tetap diselidiki.

Ingat, detektif swasta di luar negeri sangat beda dengan di dalam negeri, di luar negeri detektif swasta itu legal dan ada lisensi untuk menyelidiki kasus pembunuhan dan kriminal lain, sedangkan di dalam negeri pekerjaan detektif yang umum adalah menyelidiki masalah pribadi seperti pencarian bukti perselingkuhan.

Kita tahu di Indonesia jasa detektif swasta belum mempunyai payung hukum yang tepat. Maka suatu kebohongan besar jika ada detektif swasta di Indonesia yang mengklaim jasanya bisa menyelidiki apapun. Karena untuk kasus kriminal dan pembunuhan itu Hak Mutlak Kepolisian Negara Republik Indonesia.

7. Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadi detektif swasta. Kebanyakan klien yang menyewa detektif swasta di Indonesia adalah untuk pencarian bukti perselingkuhan, ataupun chek latar belakang pasangan yang akan menikah. Tidak jarang klien yang menyewa adalah klien luar negeri seperti singapura, China dan lainnya.

Di sini kemampuan bahasa asing seorang detektif swasta sangat di butuhkan, karena yang akan akan di selidiki adalah objek yang berada di negara lain, dan penggunaan bahasa Indonesia tidak mungkin digunakan di negara asing.

Nah jika anda menguasai 7 cara menjadi detektif swasta seperti yang tertera diatas,maka anda punya bakat untuk mewujudkannya.

Ingat, yang kita bicarakan di sini adalah detektif di dunia nyata!

Bukan cerita fiksi seperti sherlock Holmes yang selalu sempurna dalam menyelesaikan semua kasus apapaun. karena seyogyanya ada batasan-batasan kasus yang boleh dan tidak boleh di selidiki oleh detektif swasta di indonesia.

Detektif partikelir yang baik tidak akan sembarang menerima kasus dari semua klien yang menyewanya, mereka akan menelaah dan mempelajari dulu apakah kasus yang akan di kerjakan melanggar hukum atau tidak.

Jika kasus yang akan diungkap adalah masalah rumah tangga atau pribadi seperti :
  • Pencarian bukti perselingkuhan
  • Check keadaan seorang anak dari klien yang kuliah di luar negeri atau di luar kota
  • Check pasangan yang tidak ada kabar berita
  • dan membantu pencarian salah satu anggota keluarga yang hilang atau keluar dari rumah tanpa ijin.

Jasa detektif yang membantu klien menyelidiki urusan pribadi seperti di atas sangat bermanfaat dan tentunya tidak merugikan orang lain selama masih dalam koridor yang normal dan tidak melanggar pastinya.

Jadi, itulah beberapa cara menjadi detektif swasta di dunia nyata. Private Investigator di dunia nyata sangat berbeda jauh dengan detektif di dalam buku fiksi.

Jadi jangan berhayal terlalu dalam tentang kehebatan detektif fiksi yang bisa mengerjakan kasus apapun. 

Baca juga : Wow! Ini Detektif Swasta Paling Terkenal di Indonesia!

 

Content Protection by DMCA.com
Bagikan ke teman:
Konten dilindungi oleh hak cipta
Don`t copy text!