5 Fakta Detektif Yang Jarang Diketahui

5 fakta detektif
5 fakta detektif

“Nyatanya menjadi detektif tak seindah cerita fiksi.”

Detektif. Apa yang ada di benak kita saat mendengar kata detektif? ​Sebuah profesi yang mulia tentunya, bersifat rahasia dan melibatkan orang-orang dengan kualifikasi tertentu. Wow. Tak jarang karena ‘pamor’ mereka yang terkesan misterius dan keren, banyak orang yang bercita-cita untuk terlibat dalam dunia yang sama. 

Sampai-sampai penulis fiksi juga tak mau kalah dengan mengangkat tema detektif sebagai project tulisan mereka lho. Di dunia yang semakin maju dengan tingkat kejahatan yang semakin beragam, keberadaan para penumpas kejahatan di balik layar ini tentu sangat dibutuhkan. 

Buat kamu yang tergila-gila dan ingin menjadi detektif, perlu untuk mengetahui pahit dan manisnya menjadi detektif sebelum melanjutkan impianmu.

So, apa saja sih fakta detektif? Apa seindah cerita fiksi yang selama ini kita ketahui?

Berikut ulasannya :

 

1. Tersembunyi

Dunia detektif memang selalu di balik layar. Tugas mereka adalah memata-matai alias mencari informasi yang dibutuhkan untuk pemecahan suatu kasus yang menyimpang. Tentu logis untuk alasan keselamatandalam misi, para detektif biasanya menyembunyikan identitas mereka bahkan dari orang terdekat sekalipun.

Sebutlah Jack’s Angels, salah satu agent detektif yang cukup terkenal dan sudah di wawancarai oleh banyak stasiun televisi ternama di Indonesia, Jack selaku pemimpin dari agent ini bahkan tak pernah bisa ditemui secara langsung oleh anak buahnya dan orang-orang yang ingin mewawancarainya. 

Bukan hanya Jack, tapi para Angels alias anak buah Jack pun demikian. Mereka semua memakai topeng saat tampil di layar televisi. Hal ini untuk menjaga privasi dan keselamatan mereka saat terjun di lapangan. So, ini juga yang menjadi pembeda antara detektif palsu dan detektif sungguhan.

Buat kamu yang ingin bergabung hanya untuk sebuah sebutan “Detektif”  atau pujian semata, lebih baik koreksi lagi niatmu ya.

 

2. Resiko Tinggi

Nyatanya detektif bukan hanya sekedar cerdas dalam menganalisa bukti. Dalam kisah fiksi kadang ditampilkan sosok detektif yang datang lalu mengatakan mereka ingin menyelidiki kasus pembunuhan. Mereka akan diberikan bukti-bukti yang mengarah pada kasusdan mereka tinggal menganalisa. Finally, mereka mengungkapkan kasusnya. 

Faktanya untuk profesi yang satu ini, tidak semudah dongeng fiksi bahkan tak jarang detektif justru terancamnyawanya jika identitas atau penyamarannya terbongkar di lapangan. Menurut wawancara dengan Jack secara online, pimpinan salah satu agent detektif ini mengaku rekan-rekan sesama detektifnya bahkan harus menyamar menjadi banci atau melakukan hal yang lebih mengerikan dari itu sebagai totalitas dalam penyamaran demi sebuah informasi penting. 

Jika tingkat resikonya rendah, tentu Jack dan anak buahnya tak perlu menyamar bahkan menyembunyikan privasi mereka kan? 

menjadi detektif
 

3. Bergerak Sesuai Permintaan (yang tidak melanggar Hukum)

Detektif biasa menjalankan tugasnya bersifat pribadi, dalam artian sesuai permintaan orang-orang yang menyewa mereka, dengan catatan detektif swasta tidak menerima layanan yang melanggar hukum dan Undang-undang. Bisa dari kasus yang ringan seperti teror sms, perselingkuhan atau disewa untuk menasehati orang yang hendak bunuh diri, sampai kasus yang lebih rumit seperti penipuan dalam bisnis yang melibatkan artis maupun pejabat tinggi dan lainnya.

Di luar negeri sendiri, detektif memiliki lisensi khusus untuk menyelidiki dan diperbolehkan bekerja sama dalam suatu kasus bersama dengan pihak kepolisian. Sedangkan di Indonesia, detektif hanya menyelidiki kasus yang bersifat personal dan diluar dari tugas kepolisian serta diluar dari tugas lembaga penyidik pemerintah seperti kasus narkoba yang dapat ditangani oleh pihak Badan Narkotika Nasional (BNN).

Akhir-akhir ini yang cukup terkenal di Indonesia adalah kasus pelakor yang secara umum masalahnya adalah perselingkuhan. Ini juga bisa ditangani oleh detektif.

Jika curiga dengan pasangan hidup yang mulai menyimpang, ada detektif khusus yang siap menanganinya dengan tingkat keakuratan informasi sampai 99,9%. Let’s check on www.detektifperselingkuhan.com dan telepon detektif untuk membantu ya.

4. Banyak Yang di Korbankan

Pilihan hidup orang lain terkadang berbeda-beda, untuk seorang detektif tentu mengorbankan banyak hal dalam hidup untuk keselamatan pribadi dan orang-orang terdekatnya. 

Apalagi profesi detektif hampir menuntut semua waktu seseorang. Nyatanya detektif memang tidak seindah kisah fiksi yang penuh kebohongan dan drama. Dunia detektif tentu lebih keras dari itu.

Menurut wawancana, Jack mengaku bahkan hidup sendiri tak bersama dengan keluarganya. Hal ini cukup logis mengingat keselamatan keluarga dan waktu yang mungkin hampir tidak ada untuk urusan pribadinya.

So, apa kamu masih berniat menjadi detektif?Siapkan mentalmu ya.

5. Tak Sekedar Passion

Kemauan dan kecerdasan yang mumpuni saja tak cukup untuk menjadi seorang detektif, apalagi hanya karena bayaran yang menggiurkan. Resiko tinggi dan hal-hal yang harus dihadapi justru akan semakin beragam jika seseorang terjun langsung ke dalam dunia detektif. Oleh karena itu, seseorang yang bercita-cita menjadi detektif harus memiliki sesuatu yang lebih kuat dari hambatan dihadapannya. 

Simak salah satu penuturan Jack, “Detektif bukan hanya passion tapi separuh jiwa saya adalah menyelidiki untuk bantu orang. Dibayar atau tidak, itu gak masalah buat saya. Bedanya saya gak mencari uang tapi emang bantu. Uang saya anggap bonus dari Tuhan.” Kata Jack.

So, ini bisa jadi salah satu rahasia sekaligus alasan agent detektif ternama seperti Jack’s Angels yang sudah berdiri sejak 1997 ini masih tetap eksis sampai sekarang. Tujuan utama mereka adalah membantu lebih banyak orang yang membutuhkan. 

Terlepas dari semua tentang mereka, kita patut berterima kasih untuk jasa-jasa pahlawan dibalik layar ini. Karena kedamaian yang kita rasakan sekarang ini khususnya disekitar kita, bisa jadi termasuk dari kerja keras dan jerih payah mereka dari dunia yang tersembunyi.

Jika guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa maka detektif adalah pahlawan tanpa ingin diakui. 

 

So, are you ready to be a detective?

Ayo membantu untuk kedamaian lebih banyak orang. Jika disekitarmu terdapat masalah, maka kamu tak sendiri. Laporkan pada detektif terpercaya yang sudah di wawancarai oleh delapan stasiun televisi sekaligus yang sudah eksis sejak tahun 1997, Jack’s Angels atau hubungi mereka di, www.detektifperselingkuhan.com aktif 24 jam. Semoga Tuhan selalu menjagamu dan keluargamu.

Content Protection by DMCA.com
Bagikan ke teman:
Konten dilindungi oleh hak cipta
Don`t copy text!